4 Cara Meningkatkan Stamina Tubuh Agar Tidak Mudah Lesu

Semua aktivitas yang Anda lakukan membutuhkan energi. Ketika stamina berkurang, antusiasme untuk aktivitas juga berkurang. Setiap aktivitas yang Anda lalui akhirnya terasa sangat melelahkan. Untungnya, ada beberapa cara sederhana untuk meningkatkan stamina.

Cara meningkatkan stamina

Stamina adalah kemampuan tubuh untuk menjalani aktivitas fisik dan mental selama periode waktu tertentu. Seseorang dengan stamina tinggi tentu lebih tahan terhadap stres, cedera, dan merasa lelah saat beraktivitas.

Berikut adalah serangkaian tips yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan stamina:

Latihan

Olahraga memang membuat tubuh merasa lelah, tetapi olahraga teratur memberikan efek jangka panjang dalam bentuk peningkatan stamina.

Olahraga teratur selama enam minggu bahkan dapat meningkatkan tingkat energi, kualitas tidur, dan fungsi otak.

Anda dapat meningkatkan stamina melalui olahraga dengan cara berikut:

  • Latihan kardio (jogging, bersepeda, lompat tali) selama 30 menit setiap hari
  • Pelatihan interval intensitas tinggi, atau olahraga intensitas tinggi untuk waktu singkat 2-3 kali setiap minggu
  • Olahraga angkat beban 1-5 kali setiap hari

Tingkatkan intensitas latihan dan kurangi istirahat

Untuk membangun daya tahan otot dan stamina, batasi istirahat selama latihan selama 30-90 detik. Tingkatkan intensitas pemanasan dan olahraga agar tubuh Anda terbiasa menggunakan energi.

Anda dapat memilih jenis olahraga apa pun, apakah berlari, bersepeda, berenang, atau bahkan push-up. Kuncinya adalah mendorong tubuh Anda untuk berolahraga sebanyak mungkin. Lakukan secara teratur, setidaknya 3-5 kali setiap minggu.

Melakukan meditasi dan yoga

Meditasi dan yoga tidak hanya membuat Anda rileks, tetapi juga salah satu cara untuk meningkatkan stamina. Jika dilakukan secara rutin, kedua aktivitas ini dapat meningkatkan daya tahan dan mengurangi stres dan kelelahan.

Gerakan yoga yang bermanfaat untuk meningkatkan stamina termasuk:

  • Pose perahu. Duduk dengan kaki lurus dan tangan di samping. Angkat dan luruskan kaki Anda ke atas (tubuh berbentuk huruf V), kemudian letakkan tangan Anda di samping lutut sehingga Anda duduk di atas bokong. Tahan selama beberapa detik.
  • Pose upward-facing dog. Berbaringlah telungkup dengan telapak tangan menyentuh matras. Kemudian, luruskan lengan Anda sampai tubuh Anda terangkat sedikit, tetapi dengan kaki Anda masih sejajar dengan matras (terangkat sedikit). Tahan pose ini selama beberapa detik.
  • Pose dewi (goddess pose). Berdirilah dengan kaki lebar dan jari-jari kaki menghadap ke luar. Buang napas, lalu tekuk lutut seperti posisi jongkok. Angkat dan luruskan tangan Anda, dan tahan selama 5 napas.

Mengkonsumsi kafein

Cara lain yang terbukti meningkatkan stamina adalah dengan mengonsumsi kafein. Kafein memang dapat memengaruhi kinerja fisik Anda dengan meningkatkan fungsi peredaran darah, sistem hormonal, aktivitas otot, suhu tubuh, dan pembakaran lemak.

Namun, ingatlah untuk membatasi asupan harian Anda. Batas aman untuk asupan kafein adalah 400 miligram per hari, setara dengan 4 cangkir kopi.

Hindari sumber kafein tinggi gula seperti soda, kopi dengan krim, dan minuman berenergi.

Stamina tinggi akan membuat Anda tetap fokus dan berenergi saat menjalani aktivitas sehari-hari. Tubuh Anda tidak mudah lelah karena Anda terbiasa menggunakan energi secara efisien.

Jika semua metode di atas tidak dapat meningkatkan stamina Anda, cobalah berkonsultasi dengan dokter mengenai hal ini. Alasannya, kelesuan yang berkepanjangan dapat mengindikasikan masalah kesehatan lain di tubuh Anda.