4 Jenis Makanan Yang Mengandung Polifenol

Polifenol adalah salah satu senyawa penting bagi kesehatan. Kandungan poilfenol ditemukan di banyak jenis sumber makanan. Polifenol banyak bekerja untuk kesehatan tubuh.

Menurut banyak penelitian, konsumsi teratur makanan tinggi polifenol dalam waktu yang lama dapat melindungi tubuh dari perkembangan kanker, penyakit jantung, diabetes, osteoporosis, dan berbagai penyakit neurologis. Lalu, makanan apa saja yang mengandung polifenol?

Apa itu polifenol?

Polifenol adalah senyawa fitokimia yang secara alami terkandung dalam tanaman. Senyawa ini menyediakan berbagai warna (pigmen) dalam makanan. Tidak hanya itu, polifenol juga berfungsi melindungi tanaman dari bahaya.

Tidak hanya mampu melindungi tanaman, polifenol yang masuk ke tubuh manusia juga mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Itu sebabnya polifenol mampu bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh.

Senyawa ini dapat ditemukan secara alami dalam buah-buahan, sayuran, dan sereal. Buah-buahan, seperti anggur, apel, pir, ceri, dan beri mengandung polifenol hingga 200-300 miligram (mg) per 100 gram. Jumlah yang cukup dapat melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan. Ini adalah salah satu alasan mengapa makan banyak sayuran dan buah sangat penting.

Apa sumber makanan yang mengandung polifenol?

  • Buah yang mengandung polifenol

Selain apel dan anggur ceri seperti yang disebutkan di atas, Departemen Pertanian Amerika Serikat juga menyarankan Anda untuk makan buah beri seperti blueberry, stroberi, dan raspberry sebagai sumber makanan yang mengandung polifenol yang cukup kaya.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition Maret 2008 menemukan bahwa buah-buahan seperti anggur merah, ceri, apel, prem hitam, delima merah, dan aprikot juga baik untuk kesehatan karena mengandung polifenol dan antioksidan tingkat tinggi.

  • Sayuran yang mengandung polifenol

Semua sayuran umumnya mengandung polifenol atau antioksidan. Namun, jika Anda mencari sumber makanan yang mengandung polifenol tinggi, pilih sayuran dengan warna-warna cerah atau padat, bukan yang pucat.

Beberapa contoh sayuran yang mengandung polifenol adalah bayam, bawang, brokoli, asparagus, dan wortel. Makan tiga hingga lima porsi sayuran setiap hari dianjurkan untuk mendukung kesehatan fisik maksimal.

  • Biji-bijian dan kacang-kacangan

Biji-bijian dan kacang-kacangan juga merupakan sumber makanan yang mengandung polifenol tinggi. Dalam kacang, kedelai adalah salah satu jenis kacang yang mengandung polifenol tinggi. Selain itu kacang jenis ini juga mengandung sumber antioksidan yang tinggi. Beberapa jenis kacang yang mengandung polifenol adalah kacang hitam, kacang putih, chestnut, hazelnut, hazelnut, almond, dan walnut.

  • Sumber makanan lain yang mengandung polifenol

Beberapa minuman seperti kopi dan teh juga mengandung polifenol yang cukup banyak. Selain itu, anggur atau anggur merah, cokelat, dan margarin juga mengandung antioksidan tinggi.

Namun, ada beberapa minuman seperti kopi atau teh yang tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak. Ini karena pada dasarnya kopi dan teh mengandung kafein tinggi. Apa pun yang berlebihan tentu tidak baik untuk tubuh.