4 Jenis Olahraga Terbaik untuk Orang Kurus yang Ingin Berotot

Memiliki tubuh berotot berotot adalah impian banyak pria, termasuk pria dengan tubuh kurus. Selain menjaga pola makan yang sehat dan teratur, Anda juga perlu berolahraga secara teratur untuk mendapatkan bentuk tubuh yang lebih atletis. Jenis latihan apa yang terbaik untuk tubuh kurus yang ingin berotot seperti binaragawan?

Jenis latihan untuk tubuh kurus yang ingin berotot

Push-Up

Gerakan ini adalah salah satu latihan paling efektif yang dapat Anda lakukan untuk membangun dan memperkuat dada, lengan, dan bahu Anda.

Mulailah dari posisi tengkurap di lantai dengan tangan sedikit lebih lebar. Pastikan tangan Anda tetap sejajar dengan bahu Anda. Setelah itu, angkat tubuh Anda ke atas menggunakan lengan Anda dan biarkan berat badan Anda ditopang oleh tangan dan pangkal jari kaki.

Pegang perut Anda sekencang mungkin dalam beberapa detik – tubuh Anda harus membentuk garis lurus dari bahu ke pergelangan kaki. Kemudian, turunkan tubuh Anda sampai dada Anda hampir menyentuh lantai, pastikan siku Anda terselip di dekat bagasi. Lakukan gerakan ini berulang kali sebanyak 5 set (1 set terdiri dari 15 hingga 20 kali push up). Tingkatkan intensitas dan modifikasi gerakan push-up mingguan sesuai dengan kemampuan Anda.

Deadlift

Deadlift adalah latihan kekuatan yang melibatkan otot punggung, otot pinggul, dan kaki. Latihan ini adalah salah satu dari banyak latihan yang menargetkan otot-otot tubuh di bagian atas dan bawah. Melakukan deadlift yang baik sangat penting untuk mengurangi risiko cedera, terutama cedera punggung.

Kunci dari gerakan deadlift adalah menjaga punggung tetap lurus. Bagi Anda yang memiliki tubuh kurus, pilih beban yang paling ringan terlebih dahulu. Seiring waktu, Anda dapat menambah lebih banyak berat badan. Inilah cara melakukan deadlift:

  • Buka kaki selebar pinggul dan berdiri dengan bahu di depan alat.
  • Lengan harus lurus ke bawah dan di luar lutut.
  • Kemudian tekuk lutut hingga tulang kering menyentuh bar beban.
  • Angkat beban dengan mendorong tumit Anda dari lantai dan tidak condong ke depan atau belakang.
  • Jaga agar berat badan tetap dekat dengan tubuh, angkat ke atas paha.
  • Kemudian dorong pinggul ke belakang, lalu tekuk lutut saat beban mencapai tinggi lutut. Lalu jatuhkan beban di lantai

Jika ini adalah pertama kalinya Anda, sebaiknya lakukan deadlift dengan pengawasan pelatih pribadi untuk menghindari cedera yang tidak diinginkan.

Bench press

Bench press adalah latihan yang baik untuk siapa saja yang ingin membangun otot dan kekuatan tubuh bagian atas, termasuk bagi orang dengan tubuh kurus. Latihan ini dikenal sebagai latihan bersama karena melibatkan banyak sendi dan kelompok otot utama, seperti punggung, dada, dan lengan. Gerakan ini bahkan melibatkan beberapa otot kaki untuk menjaga tubuh Anda tetap terkendali selama gerakan. Perlu diingat, latihan ini harus dilakukan ditemani oleh instruktur agar aman dan terhindar dari cedera.

Squats

Kereta jongkok dan membentuk hampir setiap otot di tubuh Anda. Jadi, jangan lupa rutinitas jongkok jika Anda ingin memiliki tubuh berotot seperti binaragawan. Caranya, pastikan posisi awal tubuh berdiri dan kaki terbuka lebar. Kemudian, tangan lurus ke depan, turun perlahan seperti posisi setengah jongkok. Berjongkok selama 4 set (satu set 8 repetisi) selama 45 menit tiga kali seminggu.

Butuh setidaknya dua bulan bagi tubuh ramping Anda untuk berubah menjadi atletis seperti hasil yang Anda inginkan. Tetapi tidakkah semua hal membutuhkan pengorbanan? Untuk itu, singkirkan rasa malas dan mulailah berangkat olahraga!