4 Jenis Olahraga Yang Cocok Untuk Introvert

Bagi orang yang memiliki tipe kepribadian introvert, bergabung dengan kelas zumba dengan begitu banyak orang atau bermain futsal, mungkin membuat Anda merasa tidak nyaman. Olahraga terasa lebih melelahkan jika Anda harus berbasa-basi dan berinteraksi dengan banyak orang sekaligus. Jangan biarkan ini memadamkan niat Anda untuk berolahraga. Ada banyak pilihan untuk introvert yang paling sesuai dengan kepribadian Anda. Intip di sini, ayo pergi!

Apakah saya seorang introvert?

Sebelum Anda berolahraga untuk introvert, mungkin Anda harus memastikan bahwa Anda benar-benar tertutup atau tidak.

Ya, jika memang Anda introvert, maka Anda akan cenderung diam. Meskipun Anda bukan orang yang pemalu, Anda tetap memilih untuk berbicara sedikit. Ini karena dalam introvert, mereka akan berpikir dan memproses informasi terlebih dahulu sebelum berbicara.

Selain itu, orang yang memiliki kepribadian ini lebih sering menggunakan lobus frontal otak. Bagian otak ini berfungsi dalam memproses, menyimpan, dan menghasilkan informasi baru.

Introvert juga akan lebih suka berkomunikasi dalam lingkaran kecil daripada yang besar. Komunikasi seperti ini dianggap lebih bermanfaat dan dapat membicarakan hal-hal secara mendalam.

Jadi, bukan berarti introvert adalah orang yang pemalu, ya. Hanya saja komunikasinya berbeda.

Jenis olahraga untuk introvert

Tidak ada yang salah jika Anda memiliki kepribadian yang introvert. Yang salah adalah jika Anda malas berolahraga. Kesehatan Anda sebenarnya dirugikan.

Jangan khawatir, Anda harus melakukan obrolan ringan dengan banyak orang. Ada beberapa jenis olahraga untuk introvert. Dilansir dari situs kebugaran Fitness Magazine, berikut adalah beberapa pilihannya.

Berenang

Bagi orang-orang dengan kepribadian introvert, berenang dapat menjadi tempat untuk “mengekspresikan kebebasan Anda”. Masalahnya adalah, berada di dalam air memberikan sensasi keheningan dan ketenangan, bebas dari suara atau gangguan dari orang lain.

Berenang adalah kesempatan yang baik untuk fokus pada pikiran Anda sendiri, sambil melakukan gerakan yang berulang-ulang dan menenangkan.

Jangan lupa untuk menggunakan peralatan renang lengkap, seperti baju renang, kacamata, hingga penutup kuping. Jadi, saat berolahraga Anda akan merasa lebih nyaman.

Pelatihan interval

Latihan interval intensitas tinggi (HIIT) adalah jenis olahraga yang disukai belakangan ini. Alasan banyak orang yang suka melakukan olahraga ini adalah karena jenis olahraga ini dapat membakar kalori dengan cepat dan tidak memerlukan waktu yang lama.

Jadi, Anda berolahraga dengan intensitas tinggi, tetapi dalam waktu singkat. Hal yang membuat olahraga ini cocok untuk Anda yang introvert adalah bisa dilakukan sendiri, tidak perlu teman.

Latihan ini biasanya bergantung pada repetisi atau repetisi gerakan dalam durasi waktu tertentu. Ini menjadikan HIIT latihan kardio yang kuat dalam menurunkan berat badan.

Pilates

Pernahkah Anda mencoba pilates? Jika Anda memiliki kepribadian introvert, mungkin Anda akan menyukainya. Olahraga yang fokus melatih otot perut, bisa dilakukan di mana saja dan tidak perlu bantuan orang lain. Jika Anda hanya ingin memulai olahraga teratur, Pilates bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena jenis latihan ini akan melatih daya tahan dan kekuatan otot serta kelenturan tubuh.

Jadi, Anda tidak akan langsung kesulitan ketika melakukan pilates. Merasa santai setelah melakukan olahraga ini paling disukai oleh mereka yang memiliki kepribadian introvert.

Yoga

Tidak jauh berbeda dengan pilates, Anda dapat menemukan kenyamanan dan kedamaian dengan melakukan yoga. Hampir semua gerakan yoga akan membuat otot-otot tubuh Anda lebih fleksibel.

Tujuan utama yoga adalah Anda dapat mengontrol dan mengatur napas dengan baik, sehingga mudah untuk rileks. Dengan tubuh yang rileks, kedamaian batin akan mudah didapat.

Jadi, yoga adalah olahraga untuk para introvert yang cocok karena merupakan aktivitas yang cenderung tenang dan hening.