4 Jenis Sayuran yang Paling Sehat untuk Dibuat Jus

Selain buah, sayuran juga bisa dibuat dari jus segar. Namun, tidak semua jenis sayuran bisa dijus. Berbagai jenis sayuran juga berbeda manfaatnya. Jadi, jenis sayuran apa yang paling cocok dan paling sehat untuk dijadikan jus?

Pilihan jus sayuran paling sehat dan paling bergizi, Anda harus mencobanya di rumah

Sayuran hijau

Sayuran hijau biasanya mengandung beragam vitamin dan mineral, dari vitamin A, vitamin C, folat, kalium, zat besi, hingga seng. Dari bayam, kangkung, brokoli, sawi hijau, selada Romaine, selada air kubis Cina, hingga peterseli adalah beberapa pilihan sayuran hijau terbaik untuk dicampur dan diminum setiap hari.

Namun, rasa jus sayuran hijau cenderung pahit dan agak tidak menyenangkan. Untuk menyiasatinya, Anda bisa “mempermanis” jus dengan buah manis atau sedikit asam, seperti apel, kiwi, atau mangga. Bisa juga menggunakan madu. Agar lebih lezat dan bergizi, bisa menambah asupan protein dari susu atau yogurt.

Tomat

Anda tentu akrab dengan jus tomat. Tomat sangat kaya akan vitamin A dan vitamin C, jadi itu baik untuk kesehatan Anda

Tomat juga memiliki rasa asam-manis alami, jadi Anda tidak perlu menambahkan buah-buahan lain untuk mempermanisnya. Meskipun itu juga tidak dilarang jika itu yang Anda inginkan, misalnya menambahkan lemon atau apel.

Wortel

Wortel adalah jenis sayuran yang bisa disajikan dalam bentuk apa pun, baik itu sup, tumis, hingga jus. Bahkan, tidak jarang orang memakannya langsung. Karena rasanya yang manis, wortel adalah favorit.

Tidak hanya memiliki rasa yang enak, wortel juga baik untuk mata karena memiliki vitamin A tinggi dan berbagai mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk membuatnya lebih lezat, Anda juga bisa mencampurnya dengan buah-buahan lain, sesuai selera.

Jus seledri

Mungkin jus seledri terdengar aneh bagi Anda, tetapi ternyata sayuran hijau ini memiliki manfaat kesehatan, karena kaya akan magnesium dan zat besi. Jus sayuran ini juga sangat pas untuk dikonsumsi saat wanita haid karena dapat membantu menjaga jumlah zat besi dalam tubuh.

Seperti jus sayuran yang sangat baik, tetapi jangan menjadikannya menu andalan

Jika Anda benar-benar menyukai sayuran yang membuat jus, tidak ada masalah. Justru semakin banyak sayuran yang Anda konsumsi sehari, dapat meningkatkan asupan serat yang baik untuk pencernaan. Namun, jangan menjadikannya pengganti sayuran dalam diet Anda setiap hari.

Ya, jangan sampai Anda hanya minum jus tanpa mengonsumsi sayuran asli saat makan. Alasannya, sayuran dalam bentuk sebenarnya memiliki lebih banyak kandungan serat. Jadi, ketika makan berat Anda harus makan sayur dan tidak apa-apa jika Anda ingin membuat jus sayuran sebagai tambahan.