4 Lensa Yang Dapat Anda Pilih Untuk Membuat Kacamata Anda Anti-Silau

Mungkin Anda merasa sangat terpesona ketika menggunakan kacamata hitam di luar ruangan saat matahari berada di atas kepala. Memang tidak berbahaya, tetapi karena sila ini, Anda tidak bisa bergerak dengan nyaman. Nah, Anda bisa mencoba beberapa lensa kacamata yang dibuat khusus untuk anti silau dan melindungi mata Anda dari sinar matahari.

Berbagai kacamata anti-silau

Lensa definisi tinggi

Lensa ini dirancang khusus secara digital sehingga Anda dapat melihat dengan jelas dan tepat. Keakuratan perubahan minus atau plus dapat mencapai 0,01 dioptri. Ini sangat berbeda dibandingkan dengan peralatan pembentuk lensa konvensional lainnya yang akurasinya hanya berkisar antara 0,125 – 0,25 dioptri.

Selain itu, proses pembentukan lensa juga disesuaikan dengan jenis pegangan kacamata yang dimiliki. Hal-hal ini yang membuat kacamata yang menggunakan lensa anti-silau dapat membantu pengguna melihat lebih tajam dan waspada.

Lensa adaptif

Tidak hanya anti silau, kacamata hitam yang dilengkapi lensa ini akan berubah warna sesuai dengan kondisi cahaya di sekitarnya. Misalnya, saat berada di dalam ruangan lensa akan terlihat jernih, tetapi berubah menjadi abu-abu atau cokelat saat terkena sinar matahari. Lebih tepatnya, lensa dapat berubah warna ketika terkena sinar ultraviolet (UV), sehingga bahkan dalam kondisi mendung lensa akan terus mengalami perubahan warna.

Perubahan warna ini yang membantu mengurangi perasaan silau karena sinar terang dari matahari. Kelebihannya, lensa dapat melindungi mata dari sinar UV serta dapat digunakan pada berbagai jenis kelainan refraksi, mata minus, mata plus, atau mata silinder.

Lensa polarized

Lensa ini dapat melengkapi kacamata anti-silau karena memiliki lapisan kimia yang membuatnya tidak memantulkan cahaya. Jika hasil tangkapan pantulan cahaya silau berkurang, maka Anda akan lebih mudah menangkap warna. Ada 2 jenis ketebalan lensa yang bisa dipilih, yaitu:

  • 0,75 milimeter – cocok untuk Anda yang sering melakukan aktivitas ringan di luar ruangan.
  • 1,1 milimeter – lebih cocok untuk Anda yang sering melakukan aktivitas ekstrem di luar ruangan.

Meningkatkan ketebalan lensa tidak mengurangi silau lebih jauh.

Jenis lensa ini lebih sering ditemukan pada kacamata hitam atau yang biasa dikenal dengan kacamata hitam. Berikut adalah beberapa cara untuk mengetahui apakah kacamata hitam Anda memiliki lapisan terpolarisasi anti-silau atau tidak:

  • Ada perbedaan dalam ketajaman warna saat Anda mengenakan dan tidak memakai kacamata.
  • Umumnya lensa akan terlihat lebih gelap daripada lensa lainnya.
  • Ada pengurangan silau dari pantulan mobil atau aspal saat berkendara di siang hari.

Pelapis anti-reflektif

Nah, jika Anda ingin memodifikasi kacamata yang ada menjadi anti silau, Anda bisa menggunakan pelapis ini. Lapisan ini dapat digunakan pada semua jenis lensa.

Penggunaan lapisan anti-reflektif akan membantu mengurangi perasaan silau sekaligus mengurangi pantulan cahaya pada permukaan kacamata lensa. Beberapa merek pelapis anti-reflektif bahkan telah dilengkapi dengan kemampuan untuk mengurangi goresan dan noda oli pada lensa.