4 Tips Mudah Mencegah Gatal dari Makanan

Kulit gatal yang terus menggaruk dapat menyebabkan lecet dan risiko infeksi. Itu sebabnya, daripada mengobatinya, lebih baik Anda mencegahnya. Tidak hanya kering, kulit yang gatal juga bisa disebabkan karena Anda salah makan. Itu sebabnya, ikuti 4 tips untuk mencegah gatal akibat makanan berikut ini.

Keterkaitan makanan dengan kondisi kulit gatal

Makanan tertentu sebenarnya bisa menjadi salah satu penyebab kulit gatal. Bisa jadi, ada zat yang membuat Anda alergi terhadap makanan ini.

Kondisi ini dikenal sebagai alergi makanan. Gejala biasanya muncul ketika Anda makan zat tertentu atau menyentuhnya.

Kondisi ini terjadi karena respons tubuh yang berlebihan terhadap zat-zat tertentu yang masuk ke dalam tubuh. Selain gatal, kulit juga bisa menyebabkan bintik-bintik merah dan bengkak.

Jika Anda memiliki alergi makanan, tentu saja pilihan makanan harus dipertimbangkan untuk mencegah rasa gatal akibat alergi.

Selain itu, makan banyak makanan dengan bahan-bahan tertentu juga dapat menjaga kesehatan kulit sehingga meminimalkan terjadinya gatal-gatal pada kulit.

Tips mencegah kulit gatal akibat makanan

Cegah kulit gatal karena alergi makanan yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Caranya, perhatikan makanan yang Anda konsumsi, termasuk cara menyajikannya.

Untuk itu, lihat beberapa tips untuk mencegah rasa gatal akibat alergi makanan di bawah ini.

Hindari makanan yang menyebabkan alergi

Jika masalah kulit gatal disebabkan oleh alergi makanan, Anda harus menghindari makanan yang membuat alergi. Ini adalah kunci untuk mencegah kulit gatal akibat makanan.

Umumnya, makanan yang menyebabkan alergi adalah makanan laut, susu sapi, telur, kedelai, dan banyak lagi.

Anda dapat menemui dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Hindari pengolahan hidangan dari bahan-bahan yang menyebabkan Anda alergi.

Selain tidak memakannya, juga hindari menyentuhnya dengan kulit secara langsung. Misalnya, orang yang alergi terhadap bawang putih bisa mendapatkan reaksi alergi hanya dengan memotong bawang tanpa memakannya.

Selalu baca kemasan produk makanan sebelum membelinya

Untuk mencegah kulit gatal akibat alergen makanan, Anda harus berhati-hati, terutama saat membeli makanan kemasan. Misalnya, jika Anda memiliki alergi susu sapi, Anda harus menghindari semua produk yang mengandung susu sapi. Baik itu susu formula, yogurt, cokelat, kue, atau keju.

Jadi, sebelum memutuskan membeli produk makanan, periksa dulu komposisi makanan yang biasanya tercantum pada kemasan produk.

Sajikan makanan dengan benar

Tidak hanya memperhatikan rahim, Anda juga harus menyajikannya dengan benar untuk mencegah rasa gatal yang terjadi akibat makanan.

Selain alergi, makanan yang tidak dicuci bersih juga dapat menyebabkan kulit atau bagian tubuh lainnya gatal. Ini paling sering terjadi pada mangga.

Biasanya, buah yang baru saja Anda ambil dari pohon memiliki getah yang menempel di permukaan. Getah mangga yang mengandung urushiol dapat menyebabkan kulit gatal.

Jika Anda mendapatkan getahnya, segera cuci dengan air. Orang tanpa alergi mangga juga dapat merasakan bibir dan kulit di sekitarnya gatal ketika memakan daging mangga yang terpapar getah.

Mencuci kulit mangga dengan air untuk menghilangkan getah adalah cara ampuh untuk mencegah rasa gatal dari makanan ini.

Tingkatkan konsumsi makanan yang menyehatkan kulit

Selain memperhatikan cara mencegah gatal-gatal akibat makanan di atas, Anda juga perlu memberikan makanan yang lebih bergizi pada kulit. Makanan yang mengandung vitamin E dan vitamin C sangat dianjurkan.

Vitamin E mengandung antioksidan yang membantu kulit melawan radikal bebas, meningkatkan sirkulasi darah. dan mencegah kulit kering.

Ingat, kondisi kulit kering sangat rentan terhadap gatal dan terkelupas. Anda bisa mendapatkan vitamin ini dari jagung, gandum, kacang-kacangan, dan bayam.

Sementara itu, vitamin C dapat membantu meningkatkan produksi protein kolagen. Mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen juga bisa menjaga elastisitas dan kelembaban kulit sehingga risiko kulit kering berkurang, dan Anda bisa mencegah kulit gatal.

Sumber vitamin C yang baik untuk kulit termasuk paprika, jeruk, kiwi, kol, dan brokoli.