5 Cara Efektif untuk Mencegah Jerawat Muncul di Dada

In Tips Sehat 84 views

Jerawat adalah masalah kulit yang paling umum. Tidak hanya di wajah, jerawat juga bisa muncul di bagian tubuh mana pun, termasuk di dada. Meski tidak begitu terlihat, penampilan jerawat di dada masih mengganggu. Untungnya, ada sejumlah langkah sederhana untuk mencegah jerawat di dada. Apa pun? Ayo, cari tahu tipsnya di review berikut ini.

Tips untuk mencegah jerawat di dada

Berikut beberapa tip jitu untuk mencegah jerawat di dada agar tidak mengganggu penampilan.

Rajin mandi

Mandi tidak harus dilakukan dua kali sehari, tetapi tidak mandi selama berhari-hari justru bisa memicu berbagai masalah kulit, jerawat di dada misalnya. Terutama jika Anda memiliki jenis kulit yang cenderung berjerawat.

Ketika Anda tidak mandi selama berhari-hari, bakteri dan jamur di kulit dapat melonjak secara dramatis dan semakin menyebar ke seluruh bagian tubuh. Nah, inilah yang bisa memicu munculnya jerawat di kulit.

Karena itu, cara yang aman agar jerawat di dada tidak muncul, sebaiknya rajin mandi. Melissa Pilliang, seorang dokter kulit dari Klinik Cleveland, Ohio di Amerika Serikat mengatakan dalam DIRI bahwa seberapa sering kita mandi sebenarnya tergantung pada aktivitas dan jenis kulit yang Anda miliki.

Jika Anda harus pergi ke gym setiap hari, mandi setiap hari adalah pilihan yang tepat. Selain itu, orang yang terpapar bahan kimia sehari-hari, debu, dan polusi, mereka juga harus rajin mandi setidaknya dua kali sehari.

Gunakan sabun mandi yang tepat

Setiap orang mungkin memiliki selera sendiri ketika memilih sabun. Namun, tahukah Anda bahwa memilih sabun mandi yang tepat adalah salah satu cara untuk mencegah jerawat di dada?

Ya, ketika Anda ingin membeli sabun di supermarket, jangan hanya memilih yang wangi. Sebagai gantinya, pastikan sabun yang Anda beli harus disesuaikan dengan jenis kulit Anda. Terutama bagi Anda yang memiliki kulit sensitif dan berminyak cenderung berjerawat.

Jika kulit sensitif, pastikan Anda membeli sabun yang tidak mengandung pewangi dan pewarna. Selain itu, perhatikan juga kadar pH. Sabun untuk kulit sensitif idealnya memiliki tingkat pH seimbang (pH seimbang).

Sedangkan bagi Anda yang memiliki kulit berjerawat, pilih sabun mandi non-comedogenik (tidak menyumbat pori-pori) dan mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida untuk membantu mengurangi jerawat.

Hal yang sama dilakukan ketika Anda ingin membeli body lotion. Ingat, sebelum membeli produk kecantikan apa pun, selalu sesuaikan dengan jenis kulit yang Anda miliki.

Lakukan eksfoliasi seminggu sekali

Setiap hari, kulit kita akan menghasilkan jutaan sel kulit mati. Jika tidak dibersihkan secara teratur, sel-sel kulit mati ini akan menumpuk dan menyumbat pori-pori yang bisa memicu timbulnya jerawat.

Anda dapat melakukan eksfoliasi setidaknya seminggu sekali untuk membantu mempercepat proses pengangkatan sel kulit mati di dada. Ya, proses pengelupasan kulit bisa membantu mengangkat sel kulit mati sehingga tidak menyumbat pori-pori dan membentuk jerawat di dada. Pengelupasan juga memiliki manfaat lain, seperti menghaluskan dan mencerahkan kulit.

Ada dua cara pengelupasan yang bisa Anda coba. Pertama, gunakan kuas atau gosok. Kedua, eksfoliasi menggunakan bahan kimia yang diaplikasikan pada kulit.

Hindari pemberian produk pengelupasan yang mengandung retinoid, retinol, atau benzoil peroksida. Karena ketiga bahan itu bisa mengurangi kelembaban kulit dan menyebabkan kulit kering.

Pilih deterjen yang aman

Anda mungkin tidak pernah berpikir bahwa jerawat di dada dapat dipicu karena penggunaan pakaian deterjen yang tidak tepat. Bahkan, selain membersihkan pakaian dari noda dan kuman, deterjen juga bisa membantu mencegah jerawat di dada dan bahkan tubuh Anda.

Hindari menggunakan deterjen yang mengandung pewangi dan pewarna, dan pilih yang ‘hipoalergenik‘ alias anti alergi. Apalagi jika Anda memiliki kulit sensitif.

Hindari pakaian ketat

Mengenakan pakaian ketat membuat kulit rentan terhadap bahan kaos sehingga mudah teriritasi. Pakaian ketat juga menghambat sirkulasi keringat dan malah menyebabkan kotoran, bakteri, dan minyak kulit menumpuk untuk memicu jerawat di dada.

Kenakan pakaian longgar yang terbuat dari katun untuk mencegah munculnya jerawat di dada. Pakaian longgar tidak menyebabkan kulit dan bahan pakaian bergesekan dengan kulit Anda sehingga Anda terhindar dari risiko iritasi. Selain dingin, kapas juga tidak menyebabkan iritasi dan memicu timbulnya jerawat di dada.

Tips Mencegah Mata Merah Setelah Berenang
Tips Mencegah Mata Merah Setelah Berenang
Tahukah Anda bahwa klorin ditambahkan dalam kolam
5 Tips Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Bekerja
5 Tips Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Bekerja
Kesibukan membuat banyak orang tidak bisa memenuhi
5 Cara Mudah dan Cepat untuk Mengatasi Sakit Kepala Setelah Olahraga
5 Cara Mudah dan Cepat untuk Mengatasi Sakit Kepala Setelah Olahraga
Banyak orang mengaku lebih segar setelah berolahraga.
4 Pilihan Obat yang Tepat untuk Mengatasi Hidung Tersumbat
4 Pilihan Obat yang Tepat untuk Mengatasi Hidung Tersumbat
Ketika terjadi pilek dan hidung tersumbat, pernapasan

Top