5 Cara Mudah dan Cepat untuk Mengatasi Sakit Kepala Setelah Olahraga

In Tips Sehat 10 views

Banyak orang mengaku lebih segar setelah berolahraga. Namun, mengapa Anda benar-benar merasa pusing dan sakit kepala setelah berolahraga? Ini sebenarnya dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti dehidrasi, paparan sinar matahari yang berkepanjangan, atau karena kadar gula yang rendah.

Biasanya sakit kepala setelah berolahraga bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan, tetapi kondisi ini dapat mengganggu aktivitas Anda selanjutnya. Jadi, untuk pulih dengan cepat, berikut cara mengatasi sakit kepala setelah berolahraga.

Cara mengatasi sakit kepala setelah berolahraga

Jika Anda sakit kepala setelah berolahraga, ada yang salah dengan tubuh Anda. Meski begitu, ada cara cepat agar sakit kepala hilang setelah berolahraga.

Minumlah banyak air

Biasanya, pusing setelah latihan muncul karena dehidrasi. Dehidrasi terjadi ketika tubuh Anda kehilangan lebih banyak cairan daripada yang dibutuhkan. Saat Anda banyak berkeringat, ini termasuk kehilangan cairan. Jika Anda tidak minum banyak air sebelum berolahraga, sangat mungkin Anda mengalami dehidrasi.

Sebuah penelitian yang dilaporkan oleh webmd.com mengungkapkan bahwa orang yang minum 4 gelas air lebih dari biasanya dalam sehari, merasakan sakit di kepala yang kurang sering selama 2 minggu.

Karena itu, selalu sediakan air saat berolahraga. Pastikan Anda terhidrasi dengan baik dengan memeriksa warna urin Anda. Jika berwarna kuning cerah itu pertanda Anda sudah cukup minum. Sebaliknya, jika warnanya kuning gelap, tanda Anda kurang cair.

Selain itu, Anda dapat menambahkan minuman isotonik untuk membantu memenuhi kebutuhan cairan Anda. Ini karena minuman isotonik mengandung garam mineral dan glukosa yang dapat menyeimbangkan cairan dalam tubuh Anda.

Jangan terlalu lama berjemur

Terkena terlalu banyak sinar matahari bisa memicu sakit kepala, bahkan jika Anda tidak berolahraga. Nah, jika memang Anda merasa sudah terlalu lama berolahraga di bawah terik matahari, Anda harus segera berhenti atau pindah ke tempat yang lebih teduh.

Jika cuacanya panas, bawalah segelas air dan handuk dingin yang lembab. Letakkan di atas mata dan dahi Anda selama beberapa menit. Setelah itu, cobalah mandi dengan air hangat agar otot Anda lebih rileks. Jika Anda tidak punya cukup waktu, Anda bisa menggunakan obat antiinflamasi non-steroid seperti ibuprofen untuk mengurangi sakit kepala yang Anda alami.

Makan sebelum dan sesudah berolahraga

Tidak makan sebelum berolahraga bisa menjadi keputusan yang salah. Pasalnya, saat berolahraga, kadar gula darah Anda akan terkuras. Jika Anda tidak memiliki cadangan gula darah dari makanan sebelumnya, maka Anda akan mengalami sakit kepala setelah berolahraga.

Idealnya, jangan makan terlalu dekat dengan jadwal latihan, sehingga perut Anda tidak sakit saat melakukan berbagai gerakan. Anda bisa mengisi perut Anda dengan makanan bergizi tinggi selama sekitar 1 jam sebelum berolahraga. Dengan begitu, tubuh Anda bisa mencerna makanan yang masuk sebelum digunakan nanti untuk energi saat berolahraga.

Nah, jika olahraga sudah selesai, maka gula darah Anda harus diisi ulang lagi. Anda bisa mengonsumsi berbagai buah sebagai pendorong jika Anda tidak ingin makan banyak setelah berolahraga.

Lakukan gerakan pendinginan

Sakit kepala setelah berolahraga juga bisa disebabkan oleh otot-otot tubuh yang terlalu ketat. Ini biasanya hasil dari Anda tidak pendinginan setelah berolahraga.

Bayangkan saja selama berolahraga, semua otot tubuh Anda aktif dan berkontraksi. Jika Anda menjalani sesi pendinginan, otot akan cenderung mengencang dan terus berkontraksi.

Jika dibiarkan, otot ini akan kram dan bahkan dapat memicu sakit kepala. Apalagi jika otot yang kram pada waktu itu adalah otot leher dan bahu. Karena itu, sangat penting untuk melakukan gerakan pendinginan, agar otot-otot rileks lagi.

Minum obat

Selain ibuprofen, Anda juga bisa minum naproxen atau indometachin 30-60 menit sebelum berolahraga. Keduanya diyakini efektif untuk mengatasi sakit kepala setelah berolahraga. Namun, penggunaan obat ini harus dipantau karena dapat menyebabkan iritasi lambung.

Kapan saya harus ke dokter?

Jika Anda telah melakukan metode di atas, tetapi sakit kepala lebih sering terjadi, konsultasikan dengan dokter Anda. Ini juga berlaku ketika Anda melakukan rutinitas olahraga dan pusing tiba-tiba datang setelah berolahraga. Dengan berkonsultasi dengan dokter, Anda bisa mengetahui apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.

Sakit kepala yang dialami setelah berolahraga sebenarnya bisa diatasi dengan mudah. Namun, dimungkinkan jika Anda mengalami kondisi medis tertentu. Karena itu, jika gejalanya lebih sering dan parah, tidak ada salahnya untuk pergi ke dokter.

Tips Mencegah Mata Merah Setelah Berenang
Tips Mencegah Mata Merah Setelah Berenang
Tahukah Anda bahwa klorin ditambahkan dalam kolam
5 Tips Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Bekerja
5 Tips Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Bekerja
Kesibukan membuat banyak orang tidak bisa memenuhi
5 Cara Efektif untuk Mencegah Jerawat Muncul di Dada
5 Cara Efektif untuk Mencegah Jerawat Muncul di Dada
Jerawat adalah masalah kulit yang paling umum.
4 Pilihan Obat yang Tepat untuk Mengatasi Hidung Tersumbat
4 Pilihan Obat yang Tepat untuk Mengatasi Hidung Tersumbat
Ketika terjadi pilek dan hidung tersumbat, pernapasan

Top