5 Manfaat Ceri Yang Tidak Pernah Anda Pikirkan sebelumnya

Berbagai manfaat buah yang baik tidak diragukan lagi, termasuk ceri. Meskipun cukup unik karena ukurannya yang kecil, ada banyak sekali manfaat ceri yang sangat disayangkan jika Anda melewatkannya. Apa yang membuat Anda penasaran? Lihatlah ulasan berikut.

Manfaat buah ceri bagi kesehatan

Membantu tidur lebih cepat

Sudah lelah dan mengantuk, tetapi tidak bisa tidur? Beberapa orang mengalami hal ini, mungkin karena ketidakseimbangan hormon dalam tubuh, stres, terlalu banyak pikiran, dan sebagainya. Jika kondisi ini dibiarkan berlarut-larut, dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, diabetes, dan obesitas.

Yah, Tara Gidu Collingworth, RD, ahli gizi dan penulis buku Flat Belly Cookbook for Dummies, merekomendasikan agar Anda sering kesulitan tidur untuk mencoba minum segelas jus ceri. Karena, ceri kaya akan melatonin, yang merupakan hormon yang berperan dalam mengatur siklus bangun-tidur dalam tubuh.

Ini juga diperkuat oleh penelitian yang meminta partisipan untuk minum jus ceri dua kali sehari – yaitu, setelah bangun tidur dan sebelum makan malam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipan bisa tidur lebih lama setelah secara teratur minum jus ceri.

Tertarik untuk mencobanya? Anda bisa minum setengah hingga satu gelas jus ceri tanpa gula secara rutin satu jam sebelum tidur.

Sumber nutrisi yang baik

Warna merah pada kulit ceri tidak hanya mampu mempercantik penampilan Anda. Ceri warna merah yang khas berasal dari kandungan anthocyanin yang tinggi, yang merupakan jenis antioksidan yang bekerja untuk melawan kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh karena stres oksidatif.

Sebuah studi 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menyatakan bahwa ceri mengandung banyak nutrisi yang penting bagi tubuh. Di antaranya adalah serat, karotenoid, vitamin C, kalium, tetapi buah ini rendah kalori sehingga aman untuk membuat camilan bagi Anda yang takut gemuk.

Meredakan nyeri sendi

Nyeri sendi, juga dikenal sebagai artritis, seringkali membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Faktanya, tidak jarang nyeri sendi menghambat aktivitas sehari-hari. Nah, manfaat lain dari ceri yang bisa Anda dapatkan adalah membantu mengurangi rasa sakit pada persendian.

Sebuah studi yang dilakukan pada 20 wanita berusia 40-70 tahun dengan keluhan nyeri sendi menemukan bahwa minum jus ceri secara teratur 2 kali sehari selama 3 minggu mampu mengurangi peradangan secara signifikan yang merupakan penyebab nyeri sendi.

Meringankan nyeri otot setelah berolahraga

Bagi Anda yang gemar berolahraga dan sering mengalami nyeri otot setelah menyelesaikan olahraga, segelas jus ceri diduga bisa membantu meringankan rasa sakit. Sebuah penelitian melaporkan bahwa pelari maraton yang rutin minum jus ceri selama seminggu menjelang lomba, mengalami nyeri otot yang lebih ringan daripada atlet yang tidak minum jus ceri.

Para peneliti menduga ini karena kandungan antioksidan dalam ceri, yang membantu meredakan peradangan pada otot setelah kerja keras. Lebih dari itu, jus ceri juga dipercaya membantu menenangkan tubuh setelah berolahraga.

Menurunkan tekanan darah

Terakhir, manfaat buah ceri yang sayangnya terlewatkan membantu mengurangi tekanan darah. Menurut sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, ini karena ceri memiliki kandungan polifenol yang tinggi. Polifenol adalah jenis antioksidan yang diyakini dapat membantu mengurangi kadar tekanan darah dalam tubuh.

Tidak hanya itu, para ilmuwan di Inggris menemukan bahwa jus ceri bekerja lebih efektif dalam menurunkan tekanan darah, yaitu setelah tiga jam konsumsi.

Sekarang setelah Anda tahu semua hal baik tentang ceri, mulai sekarang jangan singkirkan ceri di kue tar, es krim, atau hidangan lainnya. Justru buah kecil ini yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan.