6 Manfaat Yang Diperoleh Saat Minum Air Hangat Setiap Hari

In Nutrisi 5 views

Kebanyakan orang lebih suka minum air dingin daripada air hangat untuk menghilangkan rasa haus. Tapi tahukah Anda bahwa air hangat ternyata memiliki segudang manfaat kesehatan bagi tubuh. Tidak hanya dapat meredakan kerongkongan, tetapi ada banyak properti lainnya. Apa pun? Ini dia ulasan lengkap tentang manfaat minum air hangat.

Meringankan hidung tersumbat

Air hangat akan menghasilkan uap panas yang ternyata bagus untuk hidung yang tersumbat. Menghirup uap ini sambil perlahan-lahan meminumnya dapat membantu melonggarkan kemacetan lendir yang mengumpul di rongga hidung, dan meredakan sakit kepala.

Manusia memiliki selaput lendir di seluruh leher dan tubuh bagian atas, minum air hangat dapat membantu menghangatkan daerah itu dan meredakan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh penumpukan lendir.

Nesochi Okeke-Igbokwe, MD, MS mengatakan bahwa manfaat minum air hangat cukup efektif untuk mengatasi hidung tersumbat dibandingkan dengan air dingin, karena suhu tinggi akan mempercepat laju pelepasan lendir.

Membantu kerja sistem pencernaan

Pada dasarnya air seperti pelumas untuk sistem pencernaan. Air akan meringankan dan memudahkan masuknya makanan ke dalam feses (feses). Ketika air bergerak melalui lambung dan usus, organ pencernaan lebih terhidrasi dan mampu menghilangkan kelebihan dalam tubuh yang telah digunakan lebih optimal.

Selain itu, air hangat akan menyebabkan efek vasodilator, yang memperlebar pembuluh darah, sehingga membuat aliran darah mengalir ke usus dan membantu proses pencernaan lebih lancar.

Membantu mengatasi rasa sakit

Dilaporkan di halaman Medical News Today, manfaat lain dari minum air hangat adalah dapat mempercepat aliran darah karena air ini adalah vasodilatator. Karena itu, ketika minum air hangat akan membantu meningkatkan aliran darah ke jaringan di dalam tubuh, termasuk jaringan otot. Dengan begitu, otot yang kaku bisa rileks karena aliran darah semakin lancar.

Menurut Luiza Petre, MD, seorang pakar di bidang kardiologi (jantung) mengatakan, dengan efek itu, air hangat dapat membantu mengurangi rasa sakit pada otot, nyeri pada persendian, hingga rasa sakit pada kram perut saat menstruasi.

Bahkan minum air hangat sebelum tidur juga akan membuat Anda tertidur lebih cepat dan lebih cepat istirahat. Karena, minum air hangat sebelum tidur memiliki efek menenangkan sehingga Anda akan tertidur lebih cepat.

Membantu meningkatkan laju metabolisme tubuh

Ada beberapa orang yang mengatakan bahwa manfaat minum air hangat dapat mengurangi berat badan, tetapi apakah ini benar? Nah, menurut Cara Walsh, RD seorang ahli gizi, minum air hangat tidak akan langsung membuat Anda kehilangan berat badan. Tetapi dengan meminum air hangat, tingkat pencernaan dan metabolisme Anda menjadi lebih cepat dan lebih lancar.

Dengan meningkatnya laju metabolisme tubuh, tubuh akan membutuhkan lebih banyak kalori, sehingga kalori dalam tubuh lebih cepat terbakar. Namun, peningkatan kecepatan pembakaran kalori belum diketahui apakah akan menurunkan berat badan atau tidak.

Meski begitu, Walsh merekomendasikan memulai pagi dengan minum air hangat untuk memperlancar metabolisme. Peningkatan laju metabolisme dapat membantu saluran pencernaan dan ginjal bekerja lebih efisien.

Tidak hanya itu, Walsh mengatakan bahwa ketika air hangat masuk ke tubuh, sensor saraf di mulut, kerongkongan, dan lambung merangsang pusat kesenangan di otak untuk menjadi lebih aktif. Itu sebabnya, air panas bisa dijadikan minuman pilihan sambil melakukan penurunan berat badan yang menyenangkan.

Membantu menghilangkan racun dalam tubuh

Air hangat juga memiliki peran untuk membantu menghilangkan racun dalam tubuh. Minum air hangat akan meningkatkan suhu tubuh. Peningkatan suhu tubuh ini akan lebih merangsang proses keringat.

Sekarang proses ini adalah salah satu cara yang dilakukan tubuh untuk mengeluarkan racun. Itulah mengapa air panas dikatakan sebagai minuman yang dapat membantu proses detoksifikasi. Selain dari tubuh mengeluarkan racun dari berkeringat, ini juga membantu tubuh untuk membersihkan pori-pori.

Membantu mengatasi akalasia

Manfaat lain dari minum air hangat adalah untuk penderita akalasia. Akalasia adalah suatu kondisi di mana kerongkongan mengalami kesulitan mendorong makanan ke dalam lambung. Orang dengan akalasia biasanya mengalami kesulitan menelan dan kadang-kadang merasa ada makanan yang tersangkut di kerongkongan.

Para peneliti belum dapat membuktikan hal ini secara ilmiah, tetapi air hangat dipercaya dapat membantu penderita akalasia untuk mencerna makanan dengan lebih nyaman. Selain itu, ketika makan makanan berminyak dan makan daging berserat atau sulit dicerna, air panas sangat membantu perjalanan makanan di kerongkongan.

Manfaat Kedelai untuk Kontrol Berat Badan
Manfaat Kedelai untuk Kontrol Berat Badan
Jika Anda mencoba menurunkan berat badan atau
5 Manfaat Ceri Yang Tidak Pernah Anda Pikirkan sebelumnya
5 Manfaat Ceri Yang Tidak Pernah Anda Pikirkan sebelumnya
Berbagai manfaat buah yang baik tidak diragukan
5 Manfaat Jamur Kuping untuk Kesehatan Tubuh
5 Manfaat Jamur Kuping untuk Kesehatan Tubuh
Pernahkah Anda melihat jamur berwarna cokelat gelap
5 Makanan Yang Membantu Membakar Lemak Saat Tidur Malam
5 Makanan Yang Membantu Membakar Lemak Saat Tidur Malam
Tubuh tidak hanya membakar lemak saat berolahraga.

Top