Dua Nutrisi Penting Ini Menjadi Efektif dalam Menghilangkan Jerawat

Ada banyak cara untuk menghilangkan jerawat, dari obat-obatan dokter hingga pengobatan rumahan. Namun tidak jarang diet harian Anda juga menjadi faktor penting dalam perawatan jerawat. Meskipun hubungan antara diet dan jerawat masih belum pasti, banyak penelitian medis telah membahas efek mengonsumsi nutrisi tertentu pada pertumbuhan jerawat. Para ahli kesehatan percaya bahwa asupan vitamin A dan omega 3 dari makanan sehari-hari dapat membantu masalah jerawat Anda. Penjelasan berikut.

Bagaimana makanan kaya vitamin A bisa menghilangkan jerawat?

Vitamin A adalah salah satu vitamin yang paling mudah diperoleh dari daging dan sayuran. Vitamin A ditemukan dalam wortel, selada, brokoli, dan berbagai sayuran lainnya. Selain itu vitamin A dapat ditemukan dalam daging ikan dan hati. Namun, karena vitamin A adalah vitamin yang larut dalam lemak, disarankan untuk mengonsumsi vitamin A dengan lemak sehingga tubuh dapat diserap lebih optimal.

Vitamin A memiliki pengaruh penting pada kesehatan kulit seseorang. Krim wajah vitamin A (retinol) sendiri dikenal karena kemampuannya untuk menjaga elastisitas kulit dan menghilangkan jerawat. Salah satu contohnya adalah isotretinoin yang merupakan turunan dari vitamin A. Isotretinoin berfungsi mengurangi produksi minyak alami wajah (sebum). Karena itu, konsumsi vitamin A dianggap memiliki peran dalam mengendalikan jerawat. Vitamin A juga memiliki efek anti-proliferasi pada kulit, yang menghambat penumpukan sel-sel tanduk yang dapat menjadi faktor dalam munculnya jerawat.

Sebaliknya, kekurangan vitamin A justru dapat menyebabkan kulit kering.

Bagaimana makanan tinggi omega 3 bisa menghilangkan jerawat?

Jerawat dapat terjadi karena peradangan yang menyebabkan jerawat dengan gejala nyeri, kemerahan, dan pembengkakan. Nah, satu penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi ikan berminyak (salmon, tuna, mackerel, sarden) memiliki kulit wajah yang lebih terlindungi dari jerawat. Karena ikan berlemak mengandung tinggi omega-3 yang dapat menghambat peradangan.

Omega 3 sendiri adalah asam lemak yang mengandung berbagai fungsi untuk pekerjaan tubuh, salah satunya adalah dalam mengatur peradangan. Kekurangan asam lemak dapat menyebabkan kulit kering, gatal, dan bersisik.

Selain fungsinya untuk mengurangi peradangan yang berperan dalam pembentukan jerawat, omega 3 juga memiliki fungsi untuk memperlancar peredaran darah dan kesehatan jantung. Omega 3 dapat diperoleh dari ikan dan makanan laut atau makanan laut lainnya. Bahkan sekarang omega 3 dapat diperoleh dengan mudah dari berbagai suplemen minyak ikan yang dijual di pasaran.